Seputar Wanita Indonesia

Selamat Datang di Blog Wanita Indonesia Seutuhnya

Rabu, 23 November 2011

4 Pertanyaan Patut Dihindari Selama Wawancara Kerja

4 Pertanyaan Patut Dihindari Selama Wawancara Kerja
WAWANCARA untuk pekerjaan bisa mengundang rasa cemas. Dari mengumpulkan fakta tentang perusahaan hingga menyusun jawaban dan pertanyaan selama wawancara, Anda tentu butuh persiapan matang.

Ketika wawancara, penting untuk diingat bahwa pertanyaan yang Anda ajukan sama bermaknanya dengan pertanyaan yang mereka ajukan kepada Anda. Ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya dihindari selama wawancara kerja, seperti dilansir Shine.

Apakah saya harus bekerja lembur?

Bila bertanya soal kerja lembur, Anda tampak tidak tertarik untuk bekerja pada jam-jam tambahan. Akan lebih baik jika Anda menanyakan kapan biasanya jam kerja ekstra dibutuhkan perusahaan. Anda juga bisa bertanya soal beban dan jam kerja setiap hari, tanpa terlihat tidak fleksibel.

Apakah mungkin saya bekerja secara telecommute?

Jika pihak perusahaan belum menyebutkan tentang telecommuting (bekerja dari rumah dengan komputer tersambung ke kantor) dalam deskripsi pekerjaan atau percakapan sebelumnya, pertanyaan ini akan membuat Anda seperti pemalas. Plus, jika Anda sudah meminta tunjangan besar selama proses wawancara, pewawancara akan menganggap Anda terlalu banyak menuntut. Jika Anda harus telecommute, sebisa mungkin untuk menanyakan hal tersebut belakangan.

Apakah perusahaan menyediakan cuti yang cukup untuk karyawan?

Anda bahkan belum benar-benar diterima bekerja di perusahaan tersebut, jadi sebaiknya tidak menanyakan tentang cuti. Tunggu sampai Anda mendapatkan tawaran pekerjaan, maka Anda akan dapat mengajukan semua pertanyaan, termasuk hari libur dan waktu istirahat.

Berapa lama sampai saya mendapatkan kenaikan gaji?

Membawa topik kompensasi atau penghasilan masa depan sebaiknya dihindari selama wawancara, terutama tahap awal. Waktu yang tepat untuk mendiskusikan atau menegosiasikan gaji Anda atau kenaikannya di masa mendatang adalah saat Anda telah ditawari posisi.

(Diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar